Fungsi Dari Camber Ban

Fungsi Dari Camber Ban

Di Publikasikan Oleh : abmadmin | Dibaca : 19366 X | Tanggal : 20 September 2017

Penggunaan camber ban di mobil tidak selalu bertujuan untuk tampilan modifikasi. Di ajang balap, camber juga memiliki peranan penting.


Bentuk ban dan velg mobil yang tidak sejajar dengan fender, serta sudut kemiringan yang cenderung keluar dari fender, bukan berarti mobil tersebut mengalami kerusakan di bagian ban. Fenomena tersebut disebut juga sebagai camber. Dalam dunia modifikasi, camber sering kali dibenamkan untuk menambah daya estetika mobil usai melakukan modifikasi. Bahkan, bukan hanya di zona depan saja yang sudut cambernya diatur, melainkan juga zona belakang pun turut mengamplikasikan camber yang sama.


Pengimplementasian hal tersebut memang tidak salah, camber pun menjadi hal lumrah bagi sebagian orang yang ingin kendaraannya tampil mencolok. Namun untuk dunia modifikasi, hal tersebut tidak akan berpengaruh apa-apa, hanya sebatas menyempurnakan penampilan sisi luar kendaraan. Tapi jangan salah, di dunia balap, hal tersebut menjadi sebuah hal yang penting dan turut diperhatikan oleh mekanik dan juga pebalapnya.


Dalam bincang santai SPORTKU bersama Andre Timothy, pemilik workshop Alta Racing, ia menggambarkan peranan camber yang cukup penting untuk meningkatkan daya saing di mobil balap. Dalam hal ini, hampir semua mobil balap baik itu touring, slalom, atau drifting, selalu menerapkan pengaturan camber agar hasil yang dicapai lebih sempurna.
Di awal pembicaraan, Timo (sapaan karib Andre Timothy), langsung memberikan penjelasan apa itu camber dan apa fungsi utamanya di dunia balap. "Camber itu seperti sudut kemiringan ban mobil, bisa diatur negatif dan juga positif," buka Andre Timothy.


"Peranan camber di mobil balap itu memang untuk mengatasi masalah saat mobil melintas cornering. Kita harus adjust atau setting camber sesuai dengan grip yang didapat. Kalau kurang, ya kita harus tambahin sudut kemiringannya. biasanya cenderung sudut negatif yang kita tambah," sambung Timothy.


Penerapan sudut camber negatif dan positif pun memiliki kriteria. Sejatinya, sudut kemiringan lebih diatur untuk menambah sudut negatif. Dengan sudut tersebut, maka ban akan terlihat lebih 'ngangkang' karena keluar dari fender.
Karena sasaran utama melakukan setting camber dimaksudkan untuk memaksimalkan grip saat di tikungan, alhasil ada sisi negatif dan positif yang harus dirasakan oleh pebalap itu sendiri.


"Saat lintasan lurus dia akan merugikan pebalap kalau kita terlalu banyak negatif camber, karena laju kendaraan akan tertahan jadi kecepatannya seperti teredam. Jadi pintar-pintar kita untuk mengkalkulasi settingan camber. Dengan kata lain di cornering dia menguntungkan, tapi di straight, dia akan merugikan," beber Andre Timothy.


Lebih dalam lagi, selagi melakukan penyetelan camber ban, mekanik dan pebalap pun turut berperan penting. Pebalap harus memberikan input yang benar, dan mekanik harus bisa menterjemahkan komplain tersebut ke dalam settingan camber.


"Dalam penyetelannya pun tidak bisa dipukul rata, karena setiap sirkuit memiliki settingan yang berbeda. Tergantung dari komplain dari pebalap, mereka komplain understeer atau oversteer. Karena kalau penggerak depan lebih cenderung understeer, dan penggerak belakang lebih cenderung oversteer," jelas mekanik yang meracik mobil Zharfan Ramhadi.
Namun demikian, Andre Timothy, berpesan bahwa melakukan penyetelan camber bukan menjadi satu-satunya cara untuk menentukan grip atau tidaknya ban terhadap lintasan.


"Camber bukan satu-satunya yang menentukan grip atau tidak grip, ada beberapa faktor lain seperti aligment, shockbreaker, dan stabilizer. Jadi camber bukan satu-satunya faktor yang menentukan mengenai grip atau tidak gripnya mobil," pungkasnya.


Adapun efek yang ditimbulkan dalam pengaplikasian camber adalah perbedaan suhu temperatur ban. Jika ban disetting negatif, maka suhu bagian dalam ban akan lebih panas dibandingkan dengan tapak yang sebelah luar. Oleh karena itu, tekanan angin juga menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam pengaplikasian camber pada ban.

 

Sumber : http://sportku.com/read/23624/memahami-fungsi-utama-camber-ban

Partner Kami