Arti Warna Bendera Saat Balap

Arti Warna Bendera Saat Balap

Di Publikasikan Oleh : abmadmin | Dibaca : 14695 X | Tanggal : 03 Oktober 2017

Sering menonton acara balap mobil tapi masih belum mengenal tanda dari setiap warna bendera-bendera yang dikibarkan petugasnya ? Yuk, simak artikel ini untuk mengenal fungsi dari setiap warnanya

1. Apabila lampu start tidak tersedia, maka Bendera Putih dengan Logo IMI dilambaikan: awal (Start) perlombaan (atau bendera kotak merah putih).

2. Bendera kotak Hitam Putih. Chequred flag/bendera Finish. Dilambaikan. Sebagai akhir dari latihan, qtt atau lomba. Dilarang melewati chequere flag lebih dari satu kali. Sanksi denda minimal sebesar Rp. 1,000,000 sampai dengan Diskualifikasi.

3. Bendera Kuning :
- Satu bendera dilambaikan: waspada ada bahaya didepan anda, kurangi kecepatan, dilarang mendahului Peraturan 41 Balap Mobil IMI 2017 pembalap lain, siap untuk mengganti jalur. Ada bahaya ditepi lintasan.
- Dua bendera dilambaikan: waspada ada bahaya didepan anda, kurangi kecepatan, dilarang mendahului pembalap lain, siap untuk menggati jalur dan/atau berhenti. Ada bahaya diseluruh atau sebagian track kemungkinan ada kendaraan/benda asing ditengah track atau ada marshall yang sedang bekerja ditepi lintasan.
- PELANGGARAN mengenai hal ini akan dikenakan Drive Thru Penalty sampai dengan Diskualifikasi.

4. Bendera Merah. Stop lomba
- Di pintu Pit Out. Dibentang. Sebagai tanda bahwa Pembalap dilarang memasuki track/lintasan balap.
- Pada saat latihan dan qtt. Dilambaikan Seluruh Pembalap kembali ke Pit.
- Pada saat lomba. Dilambaikan. Seluruh Pembalap harus segera berhenti berlomba dan kembali ke red flag line (garis start dan mengisi grid yang ada sesuai urutan).
- PELANGGARAN mengenai hal ini akan dikenakan sanksi penalty minimum sebesar 30 detik sampai dengan Diskualifikasi.

5. Bendera Kuning dengan 3 (tiga) garis Merah dikibar, waspada lintasan licin, karena air (hujan) atau ceceran oli.

6. Bendera Biru:
- Harus diperlihatkan di pintu Pit out. Sebagai peringatan terhadap Pembalap yang akan memasuki track, bahwa ada kendaraan lain di track.
- Pada saat latihan: Segera beri jalan kepada pembalap yang lebih cepat dibelakang anda.
- Pada saat lomba: Peringatan kepada anda bahwa ada Pembalap yang lebih cepat, yang akan mendahului anda (overlap).
- Pelanggaran mengenai hal ini akan dikenakan sanksi penalty minimum 30 detik sampai dengan Diskualifikasi.

7. Bendra Hijau. Sebagai tanda bahwa track clear.
- Dilambaikan di pit out, sebagai tanda bahwa Pebalap diperkenankan memasuki track.
- Dilambaikan digaris start, sebagai tanda bahwa warm-up lap dimulai.
- Dilambaikan di pos terdekat setelah anda melewati bendera kuning. Setelah melewati titik kejadian, Anda diperbolehkan untuk accelerate dan baru boleh
mendahului peserta lain setelah melewati bendera hijau.

8. Bendera Putih: waspada, ada lain yang lebih lambat, ambulance atau kendaraan darurat lainnya di lintasan balap.

9. Bendera Hitam :
- Bendera Hitam Putih terbagi secara diagonal diperlihatkan dalam posisi diam beserta papan dengan nomor Pintu Kendaraan: anda diperingatkan bahwa anda bertindak tidak sportif.
- Bendera Hitam berikut papan bertuliskan Nomor Pintu Kendaraan, maka Pembalap yang bersangkutan, diharuskan untuk mengurangi kecepatan dan segera masuk Pit Space Area (Diskualifikasi).
- Bendera Hitam dengan lingkaran jingga (orange) ditengahnya berikut papan bertuliskan Nomor pintu kendaraan/Pembalap: perhatian ada sesuatu yang tidak
beres pada kendaraan anda atau membahayakan kendaraan lainnya. Anda diharuskan segera masuk ke Pit, maksimum 3 lap untuk mengecek kendaraan anda. Sanksi sampai dengan Diskualifikasi.

Partner Kami